Materi TIK Kelas IX

Mengenal Internet

Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas. Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Jaringan internet sering digambarkan sebagai sebuah awan internet (internet clouds), yaitu logikanya sebagai gambaran jaringan komputer yang terdiri dari banyak komputer di seluruh dunia yang saling terhubung satu dengan yang lain dan tidak mungkin dipetakan lagi. Sebuah komputer yang terhubung dengan internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa artinya semua pengguna internet mempunyai hak yang sama.

Selain internet kita juga mengenal istilah intranet, antara keduanya mempunyai kesamaan sebagai jaringan komputer akan tetapi jaringan intranet berbeda dengan internet. Jaringan intranet dibangun dalam lingkup tertentu dan terbatas misalnya jaringan intranet sebuah perusahaan, yang bisa masuk dalam jaringan tersebut adalah anggota yang diberi kewenangan akses oleh administrator (penguasa) jaringan tersebut. Jadi tidak semua orang bisa masuk dalam jaringan intranet, berbeda dengan internet yang siapa saja bisa mengakses tanpa kecuali.

Dua peranan pokok internet :

  1. sebagai sumber data dan informasi
  2. sebagai sarana pertukaran data dan informasi

Sejarah Perkembangan Internet

Pada tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA) milik departemen pertahanan amerika membuat sebuah jaringan komputer yang disebut ARPANET untuk keperluan penelitian. Inilah cikal bakal adanya internet di kemudian hari.

ARPANET kemudian dikembangkan di dunia perguruan tinggi yang dimulai oleh University of California, Stanford Research Institute dan University of Utah. Sejak saat itu penggunaan internet kemudian meluas meski dalam kalangan terbatas. Tahun 1986 internet kemudian dipergunakan secara terbuka untuk umum.

Berbagai Aplikasi Internet

Ada beberapa aplikasi internet yang sering digunakan para pengguna internet, yaitu :
1. world wide web (www)

Aplikasi World Wide Web atau WWW paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server di seluruh dunia agar bisa diakses oleh siapa saja. Dokumen web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan bahasa Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan melakukan link, yaitu menghubungkan dokumen web satu ke dokumen web lainnya. Aktivitas membuka aplikasi WWW disebut browsing dan perangkat lunak/software yang dipakai untuk membuka aplikasi WWW disebut software browser. Contoh software browser antara lain : Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozzilla, Opera, Mozilla Firefox, avant browser, dll.

  1. Electronic Mail (Email)

Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Untuk bisa mengirim atau menerima email syaratnya harus mempunyai account email. Lewat email bisa mengirim pesan, file dokumen, gambar, dsb. Email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat karena bisa menjangkau seluruh pelosok dunia.

  1. Mailing List (Milis)

Mailing List atau sering disebut dengan milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis. Syarat berkomunikasi menggunakan milis adalah mempunyai account email dan terdaftar sebagai anggota milis. Perbedaan email dengan milis adalah email merupakan sarana komunikasi pribadi/individu, sedangkan milis adalah sarana komunikasi dalam sebuah kelompok.

4. Newsgroup

Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Anggota forum newsgroup biasanya mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topik-topik tertentu, misalnya forum mengenai musik, film, otomotif, dll.
5. Internet Relay Chat (IRC)

IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet, atau dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan kepada teman chatting kita, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks (tulisan). Contoh software/program untuk chatting : Mirc, Yahoo Messenger, Gaim, ICQ Messenger dll.

File Transfer Protocol (FTP)

FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari komputer lain melaui internet dengan cepat. FTP selalu berhubungan dengan aktivitas mengambil file/data dari internet (download) dan mengirim file/data ke internet (upload).

7. Telnet

Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer lain yang letaknya melalui internet. Dengan telnet kita bisa menjalankan komputer orang lain dari komputer kita dengan syarat mengetahui IP Address komputer yang akan dijalankan serta mempunyai hak akses (user ID dan password) di komputer yang akan dijalankan tersebut.

8. Gopher

Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun informasi yang dicari baru terbatas pada teks (tulisan) saja. Di internet juga dikenal adanya mesin pencari (search engine) yang bisa mencari dokumen web, teks, gambar, video, file dokumen, dll dengan cara mengetikan kata kunci dari apa yang akan dicari.

9. Ping

Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher, digunakan untuk melakukan tes koneksi dengan cara mengirimkan sejumlah packet data. Dengan ping kita bisa mengetahui apakah komputer kita terhubung dengan komputer lain di internet atau tidak. Tes koneksi dengan ping dilakukan lewat DOS PROMPT akan menghasilkan pesan yang menunjukkan komputer sambung atau putus dengan internet, yaitu pesan Request Time Out menunjukkan koneksi/hubungan terputus dan pesan reply from ……………………………. menunjukkan koneksi/hubungan tersambung.

Sistem Penyambung Komputer dengan Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar, agar bisa terhubung ke jaringan tersebut (internet), sebuah komputer membutuhkan perangkat keras (hardware) tambahan untuk bisa mengakses internet. Perangkat keras tersebut adalah modem dan telepon.

Modem singkatan dari modulator demodulator, berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (suara) dan mengubah sinyal analog (suara) menjadi sinyal digital. Pengubahan sinyal ini diperlukan karena menyambung komputer ke internet dengan modem memanfaatkan jalur telepon yang hanya bisa melewatkan sinyal analog (suara), sehingga pada saat komputer mengirim data ke internet sinyal digital dari komputer diubah menjadi sinyal analog (suara) oleh modem dan kemudian dikirimkan melewati jalur telepon. Di sisi penerima, sinyal analog (suara) dari jalur telepon diubah menjadi sinyal digital oleh modem agar bisa diterima oleh komputer penerima. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit per detik. Modem yang banyak ditemui di pasaran kecepatannya 56 kilobits per second atau 56 kbps. Ada 2 jenis modem, yaitu internal dan eksternal. Modem internal dipasang langsung di mainboard komputer (di dalam CPU), sedangkan modem eksternal dipasang di luar CPU (terpisah dengan komputer) dan dihubungkan ke CPU menggunakan kabel.

Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet karena jalur telepon (kabel telepon) digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem.
Perangkat Lunak/ Software/ Program komputer tambahan untuk menjalankan berbagai aplikasi internet antara lain sebagai berikut :

  1. Mengakses web/ membuka aplikasi WWW menggunakan software browser, contoh software browser : Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla, Opera, Mozilla Firefox, Avant Browser, dll
  2. 2. Menjalankan aplikasi FTP bisa menggunakan software antara lain : Cute FTP, Go!zilla, WS-FTP, dll
  3. Bercakap-cakap di internet (chatting) bisa menggunakan software : Mirc, Yahoo Messenger, Gaim, ICQ Messenger, dll
  4. Manajemen email bisa menggunakan software Outlook Express, Microsoft Outlook, dll

Internet Service Provider (ISP) adalah badan atau perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan internet. Untuk dapat terhubung ke internet, kita harus terdaftar menjadi pelanggan ISP. Pada saat menjadi pelanggan sebuah ISP kita diberi username dan password yang akan kita gunakan setiap kali akan mengakses internet. Biaya tagihan koneksi internet dibayarkan bulanan ke ISP. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini kita bisa mengakses internet di semua tempat walaupun tidak terjangkau telepon kabel, misalnya melalui jaringan GPRS dan pesawat handphone.

Berbagai Cara Menghubungkan Komputer ke Internet

  1. Melalui Jaringan

Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah melalui jaringan, yaitu menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang sudah tersambung ke internet. Kekurangannya adalah komputer kita harus berada di dekat jaringan komputer yang sudah tersambung ke internet kira-kira tidak lebih dari 100 meter, kalau letaknya berjauhan (lebih dari 100 meter) harus memakai peralatan tambahan seperti repeater atau antena. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan ke ISP melalui kabel telepon atau antena, kemudian komputer-komputer yang lain (komputer client) di jaringan tersebut bisa mengakses internet melewati server tersebut.
Ada 3 jenis jaringan komputer berdasarkan Topologinya, yaitu Jaringan tipe Bus, Ring dan Star. Tipe Bus dan Ring saat ini sudah kurang diminati lagi karena bahan sulit dicari di pasaran, kurang praktis dan rentan terhadap gangguan jaringan. Saat ini jaringan komputer banyak yang menggunakan tipe star karena setting dan perawatan yang mudah serta tidak banyak gangguan.
2. Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up)
Cara paling praktis menghubungkan komputer ke internet untuk pengguna personal/pribadi (non warnet) adalah dengan menggunakan saluran telepon langsung atau disebut dengan koneksi dial up. Untuk melakukan sambungan internet dengan dial up maka yang harus tersedia adalah komputer, modem dial up, saluran telepon (kabel telepon) dan ISP Dial Up. Kecepatan akses internet menggunakan dial up adalah 56 kbps. Cara menghubungkannya adalah komputer dihubungkan ke modem dial up, kemudian modem disambung ke saluran telepon. Setelah itu modem di setting melalui komputer agar menghubungi ISP dial up tertentu. Contoh ISP Dial Up :
a. Telkomnet Instant (080989999)

Username : telkomnet@instant

Password : telkom

b. Telkom Flexi (#777)

Username : telkomnet@flexi

Password : telkom

c. Indosat Starone (#777)

Username : starone

Password : indosat

  1. Melalui Jaringan GPRS

GPRS singkatan dari General Packet Radio Service, yaitu teknologi yang mampu mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi sedang bergerak/ berpindah tempat. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakan gelombang radio (tanpa kabel) dengan sistem packet.

Teknologi GPRS memberi keuntungan, yaitu memungkinkan kita bisa mengakses internet di mana saja, yang penting ada komputer, handphone dengan fasilitas GPRS dan SIM card yang menyediakan layanan GPRS. Kelemahannya adalah setting yang berbeda-beda tiap merk handphone untuk koneksi internet lewat GPRS dan setting yang berbeda pula pada setiap operator jaringan selular untuk koneksi internet lewat GPRS.
Kecepatan akses internet melalui GPRS bisa mencapai 115 kbps.

4. Melalui Wi-Fi

Wi-Fi singkatan dari Wireless Fidelity, yaitu teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi 2,4 GHz. Kita dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi menggunakan komputer, laptop, notebook atau PDA yang dilengkapi Wi-Fi Card (perangkat tambahan untuk koneksi frekuensi 2,4 GHz). Jika laptop sudah menggunakan processor mobile centrino maka tidak memerlukan Wi-Fi Card lagi. Access Point (titik akses) adalah perangkat yang memancarkan sinyal 2,4 GHz dan menghubungkan perangkat pengguna jaringan (client) secara wireless (tanpa kabel). Access point mempunyai pancaran sinyal 2,4 GHz dengan radius kurang lebih 100 meter. Area/ wilayah yang masih tercakup sinyal Wi-Fi dari access point dengan baik disebut daerah hotspot. Kecepatan akses internet melalui Wi-Fi bisa mencapai 11 Mbps.

  1. Melalui Jaringan TV Kabel

Koneksi internet melalui jaringan TV kabel memanfaatkan jalur yang disediakan oleh provider TV kabel sehingga selain bisa menikmati siaran dari TV kabel juga bisa berinternet melalui jalur yang sama dan juga tidak mengganggu jalur telepon. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam koneksi internet melalui jaringan TV kabel :

  1. Berlangganan ke provider TV kabel yang menyediakan layanan internet.
    b. Komputer yang dilengkapi software untuk aplikasi internet.
    c. Cable Modem dengan DOCSIS system, yaitu modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel.

    1. Kartu jaringan (ethernet card).
    2. Melalui Wireless Broadband

Koneksi internet melalui Wireless Broadband merupakan pengembangan dari koneksi Wi-Fi. Kelebihan Wireless Broadband dibanding Wi-Fi adalah daya jangkau pancaran lebih jauh bisa mencapai 1 km.

Berbagai Macam Jaringan Komputer Berdasar Luas Area Geografi :

  1. Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan komputer yang terdapat dalam sebuah bangunan/ gedung atau perkantoran, berfungsi untuk menghubungkan komputer-komputer yang berada pada satu bangunan/ gedung atau perkantoran. Kegunaan LAN antara lain menggunakan sebuah perangkat untuk dipakai bersama (sharing) misalnya satu printer untuk banyak komputer, memungkinkan komputer-komputer dalam satu jaringan saling bertukar data dan informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar, yaitu digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer di beberapa bangunan/ gedung atau perkantoran yang letaknya berdekatan. Misalnya gedung-gedung instansi pemerintah yang letaknya berdekatan dapat dihubungkan menggunakan jaringan MAN.

3. Wide Area Network (WAN)

WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area sangat luas, bisa satu negara atau bahkan satu benua.

  1. Internet

Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia. Sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet.

  1. Jaringan tanpa kabel

Jaringan tanpa kabel atau sering disebut nirkabel (wireless network) adalah jaringan yang tidak membutuhkan kabel-kabel untuk menghubungkan komputer yang tergabung dalam satu jaringan. Dengan jaringan nirkabel ini kita bisa mengakses informasi dari mana saja tanpa harus berada di tempat yang sama.

Manfaat Jaringan Komputer :

  1. Membagi sumber daya

Satu perangkat bisa dipakai secara bersama-sama, misalnya satu printer dalam jaringan bisa dipakai oleh semua komputer yang ada di jaringan tersebut.

2. Reliabilitas tinggi

Komputer satu dengan komputer yang lain dalam satu jaringan bisa bertukar data sehingga saling membantu dan melengkapi, serta bisa menjadi back up apabila ada gangguan pada salah satu komputer di jaringan.

3. Menghemat uang

Karena satu perangkat dalam jaringan bisa dipakai bersama-sama maka akan menghemat pengeluaran untuk pembelian perangkat.

  1. Sebagai sarana komunikasi

Jaringan komputer bisa dimanfaatkan untuk komunikasi antar setiap pengguna komputer dalam jaringan tanpa harus bertemu langsung, tetapi komunikasi dilakukan melalui pesan yang dikirimkan melalui jaringan komputer kepada pengguna komputer di jaringan tersebut.

About smpn1turikalemaros

guru tik smp 1 turikale

One response to “Materi TIK Kelas IX”

  1. Srirahayu Nur says :

    Saya harap materinya bisa di kembangkan lagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: